RPG ( Role Playing Game ) adalah jenis game yang secara dasar mengendalikan satu karakter atau lebih, pemain dapat memilih satu karakter untuk dimainkan. Seiring dengan naiknya level game, karakter tersebut dapat berubah, bertambah skill-nya, bertambah senjatanya, bertambah hewan peliharaannya dan lain sebagainya. Final Fantasy, World of Warcraft, Fallout, dan Dragon Quest termasuk dalam genre ini. Sekarang kita akan mencoba membuatnya dengan menggunakan game maker.
Persiapan
Pertama kita harus menyiapkan terlebih dahulu sprites yang kita akan gunakan di dalam game kita nantinya, anda dapat mengunduh sprites untuk gamenya di sini : Download
Sprites
Sekarang setelah anda sudah mengunduh gambar untuk sprites game di atas sekarang anda dapat mengimportnya dengan cara klik File > Import Resources > rpg.gmres. atau anda dapat mubuatnya secara manual.
1. spr_tree
Buatlah sebuah sprites baru dengan nama spr_tree seperti gambar di atas. untuk gambarnya klik Load Sprite > Cari direktori tempat anda menyipan folder gambar tree > open seperti pada gambar di atas atur Originnya : X = 32 dan Y = 61
2. spr_player
Buatlah empat buah sprites yang berbeda seperti gambar di atas dengan nama : spr_player_up, spr_player_right, spr_player_left, spr_player_down
Kemudian atur sama Originnya : X = 16 dan Y = 45
3. spr_wall
Sekarang buatlah sebuah sprites terakhir seperti gambar di atas dengan nama : spr_wall
Background
Untuk background game buatlah sebuah background baru dengan nama : back_landtiles
Objek
Sekarang buatlah objek game yang natinya akan kita gunakan dalam game.
1. obj_player
Buatlah objek dengan nama obj_player seperti dia atas. kemudian untuk sprites pilih spr_player_up.
Tambah event pada obj_player :
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : depth dan Value : -y
Klik Add Event > Collison > obj_tree > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada tengah dan Speed = 0.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : image_speed dan Value : 0
Klik Add Event > Collison > obj_wall > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada tengah dan Speed = 0.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : image_speed dan Value : 0
Klik Add Event > keyboard > No_key > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada tengah dan Speed = 0.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : image_speed dan Value : 0
Klik Add Event > keyboard > Left > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada Kiri dan Speed = 3.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Main 1 > Change Sprite.
Sprite : spr_player_left
Subimage : -1
Speed : 0.5
Klik Add Event > keyboard > Up > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada Atas dan Speed = 2.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Main 1 > Change Sprite.
Sprite : spr_player_up
Subimage : -1
Speed : 0.5
Klik Add Event > keyboard > Right > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada Kanan dan Speed = 3.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Main 1 > Change Sprite.
Sprite : spr_player_right
Subimage : -1
Speed : 0.5
Klik Add Event > keyboard > Down > Pada tab kanan pilih Move > Move Fixed > Untuk direction klik pada Bawah dan Speed = 2.
Tambahkan lagi di bawah Move Fixed action baru.
Pada tab kanan pilih Main 1 > Change Sprite.
Sprite : spr_player_down
Subimage : -1
Speed : 0.5
2. obj_tree
Buat objek seperti gambar di atas dengan nama : spr_tree dengan sprites : spr_tree
Klik Add Event > Create > Pada tab kanan pilih Control > Set Variable > Isi variabel : depth dan Value : -y
3. obj_wall
Buatlah objek seperti gambar di atas dengan nama : obj_wall dengan sprites : spr_wall
Centang pada bagian solid dan hilangkan tanda centang pada bagian visible.
Room
Sekarang untuk peta kita bermain game buatlah sebuah room dengan nama : rm_main
Buatlah tampilan room anda sesuka hati anda sebagai cotoh seperti berikut :
Untuk gambar pada room disini kita menggunakan teknik Tiles. yaitu dengan cara mengambil bagian dari background yang nantinya di satukan menjadi sebuah gambar anda dapat melihat cara melakukannya di sini : Tiles By Yoyo Games
Jika anda perhatikan pada panah merah bagian kanan terlihat ada bagian yang berebeda, sebelum anda memasukan objek wall pada room terlebih dahulu anda harus memasukan gambar tembok dari background dengan tiles baru anda timpa dengan objek wall.
Sekarang jalankan game anda dengan cara klik F5 atau Run > Run Normaly.
Game RPG Basic Dengan Game Maker sekarang sudah selesai, baca juga tutorial game maker lainnya.
Game RPG Basic Dengan Game Maker sekarang sudah selesai, baca juga tutorial game maker lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar