Cara Membuat Game Shingeki No Kyojin Dengan Game Maker - Pada kali ini kita akan belajar membuat game Shingeki No Kyojin sederhana dengan menggunakan Game Maker, game ini menceritakan tentang eren yang lari dari serbuan sekumpulan dan berlari menuju dinding untuk menyelematkan diri.
Shingeki No Kyojin ( SNK ) atau Atack on Titan adalah sebuah serial anime dan manga jepang yang menceritakan tentang sebuah zaman dimana manusia hampir punah karena serangan titan, sisa semua manusia yang hidup tinggal dan bersembunyi di dalam dinding.
Baca juga : Membuat Game FPS Sederhana Dengan Game Maker
Shingeki No Kyojin ( SNK ) atau Atack on Titan adalah sebuah serial anime dan manga jepang yang menceritakan tentang sebuah zaman dimana manusia hampir punah karena serangan titan, sisa semua manusia yang hidup tinggal dan bersembunyi di dalam dinding.
Baca juga : Membuat Game FPS Sederhana Dengan Game Maker
A. Pesiapan
Pertama sebelum membuat game kita perlu menyiapkan gambar yang akan nanti kita gunakan untuk sprites dan background anda dapat mengunduhnya disini : DownloadB. Sprites
Sekarang buatlah sprites yang akan kita gunakan yaitu player dan titan.1. spr_player
Buatlah sebuah sprites dengan cara klik Resources > Create Sprite > Berinama spr_player.
Klik Load Sprite > Pilih Gambar Eren ( anda harus memotong gambarnya terlebih dahulu menjadi 4 bagian ).
Atur Orignnya : X = 17 dan Y = 27
2. spr_titan
Sekarang buat sprite baru lagi dengan nama spr_titan
Klik Load Sprite > Pilih Gambar Titan ( anda harus memotong gambarnya terlebih dahulu menjadi 4 bagian ).
Atur Orignnya : X = 90 dan Y = 100
C. Background
Sekarang untuk gambar dindingnya buatlah sebuah background baru dengan cara klik Resources > Create Background > Berinama Wall_rose.
Pada bagian sprite pilih spr_player kemudian atur depthnya menjadi = -300.
Sekarang tambahkan event pada objek tersebut seperti gambar di atas.
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Score > Set Score > Isi new score : 0 dan centang pada bagian Relative
Klik Add Event > Collison > obj_titan > Pada tab kanan pilih Main 2 > Restart Game.
Klik Add Event > Collison > obj_titan > Pada tab kanan pilih Main 2 > Display Message > Isi dengan pesan " Tatakaeee !!! "
Klik Add Event > Keyboard > Left > Pada tab kanan pilih Control > Test Variabel > Isi dengan
Variabel = X
Value = 230
Operation = greather than
Tambahkan lagi di bawahnya action :
Pada tab kanan pilih move > Jump To Position > Isi dengan
X = -2
Y = 0
Centang Pada Relative
Klik Add Event > Keyboard > Right > Pada tab kanan pilih Control > Test Variabel > Isi dengan
Variabel = X
Value = room_width-230
Operation = less than
Tambahkan lagi di bawahnya action :
Pada tab kanan pilih move > Jump To Position > Isi dengan
X = 2
Y = 0
Centang Pada Relative
Klik Add Event > Draw > Draw GUI > Pada tab kanan pilih Draw > Set Color > Pilih Warna Sesuka anda
Tambahkan lagi di bawahnya action :
Pada tab kanan pilih Score > Draw Score > isi dengan X = 0 , Y = 0 dan caption = Score :
Pada bagian sprite pilih spr_titan.
Sekarang tambahkan event pada objek tersebut seperti gambar di atas.
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Kemudian isi dengan script berikut.
Tambahkan beberapa action baru di bawahnya.
Pada tab kanan pilih Control > Test Vairabel > Kemudian isi dengan.
Variabel = Y
Value = 320
Operation = Greater Than
Pada tab kanan pilih Main 1 > Destroy Instance.
Pada tab kanan pilih Control > Set Vriabel > Kemudian isi dengan.
Variabel = image_xscale
Value = (y-178)/100
Pada tab kanan pilih Control > Set Vriabel > Kemudian isi dengan.
Variabel = image_yscale
Value = (y-178)/100
Pada tab kanan pilih Control > Set Vriabel > Kemudian isi dengan.
Variabel = depth
Value = -y
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Repeat > Kemudian isi dengan
Times = 1+score/300
Pada tab kanan pilih Control >Start Block.
Pada tab kanan pilih Control > Test Chance > Kemudian isi dengan.
Sides = 10;
Semakin kecil semakin banyak titan yang muncul
Pada tab kanan pilih Main 1 > Create Instance > Kemudian isi dengan.
Object = obj_titan
X = view_xview+ random(view_wview)
Y = 180
Pada tab kanan pilih Control > End Block.
Atur Widht = 2000 dan Height = 320, kemudian juga atur SnapX = 16 dan SnapY = 16.
Klik Backgrounds > pilih background gambar anda ( berada di bawah Foreground Image ) > Pilih wall_rose
Centang Pada baigan Draw Background Color, Visible when room starts dan Tile hor.
Kemudian Pada bagian Color Kemudian Pilihlan warna sesuka anda.
Sekarang atur obj_player dan obj_controller anda seperti pada gambar room sebelumnya.
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara klik Run > Run Normaly atau tekan F5.
*Notes game di buat dan di tester dengan menggunakan Game Maker Studio dan Game Maker 8.0 Full Version
Game Shingeki No Kyojin Dengan Game Maker sekarang sudah selesai, baca juga tutorial game maker lainnya.
D. Objects
Sekarang untuk objek dalam game kita akan membuat tiga buah objek.1. obj_player
Buatlah sebuah objek baru dengan cara klik Resources > Create Objects > Berinama obj_player.Pada bagian sprite pilih spr_player kemudian atur depthnya menjadi = -300.
Sekarang tambahkan event pada objek tersebut seperti gambar di atas.
Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Score > Set Score > Isi new score : 0 dan centang pada bagian Relative
Klik Add Event > Collison > obj_titan > Pada tab kanan pilih Main 2 > Restart Game.
Klik Add Event > Collison > obj_titan > Pada tab kanan pilih Main 2 > Display Message > Isi dengan pesan " Tatakaeee !!! "
Klik Add Event > Keyboard > Left > Pada tab kanan pilih Control > Test Variabel > Isi dengan
Variabel = X
Value = 230
Operation = greather than
Tambahkan lagi di bawahnya action :
Pada tab kanan pilih move > Jump To Position > Isi dengan
X = -2
Y = 0
Centang Pada Relative
Klik Add Event > Keyboard > Right > Pada tab kanan pilih Control > Test Variabel > Isi dengan
Variabel = X
Value = room_width-230
Operation = less than
Tambahkan lagi di bawahnya action :
Pada tab kanan pilih move > Jump To Position > Isi dengan
X = 2
Y = 0
Centang Pada Relative
Klik Add Event > Draw > Draw GUI > Pada tab kanan pilih Draw > Set Color > Pilih Warna Sesuka anda
Tambahkan lagi di bawahnya action :
Pada tab kanan pilih Score > Draw Score > isi dengan X = 0 , Y = 0 dan caption = Score :
2. obj_titan
Sekarang Buat sebuah ojek baru dengan nama obj_titan.Pada bagian sprite pilih spr_titan.
Sekarang tambahkan event pada objek tersebut seperti gambar di atas.
Klik Add Event > Step > End Step > Pada tab kanan pilih Control > Execute Code > Kemudian isi dengan script berikut.
{
var xoff,yoff;
xoff = x - (view_xview + view_wview/2); // offset dari pusat view
yoff = y - ystart; // offset dari posisi awal
x += xoff * 0.015;
y += 0.2 + yoff * 0.02;
}
Tambahkan beberapa action baru di bawahnya.
Pada tab kanan pilih Control > Test Vairabel > Kemudian isi dengan.
Variabel = Y
Value = 320
Operation = Greater Than
Pada tab kanan pilih Main 1 > Destroy Instance.
Pada tab kanan pilih Control > Set Vriabel > Kemudian isi dengan.
Variabel = image_xscale
Value = (y-178)/100
Pada tab kanan pilih Control > Set Vriabel > Kemudian isi dengan.
Variabel = image_yscale
Value = (y-178)/100
Pada tab kanan pilih Control > Set Vriabel > Kemudian isi dengan.
Variabel = depth
Value = -y
3. obj_controller
Searang objek terkahir buatlah dengan nama obj_controller.Klik Add Event > Step > Step > Pada tab kanan pilih Control > Repeat > Kemudian isi dengan
Times = 1+score/300
Pada tab kanan pilih Control >Start Block.
Pada tab kanan pilih Control > Test Chance > Kemudian isi dengan.
Sides = 10;
Semakin kecil semakin banyak titan yang muncul
Pada tab kanan pilih Main 1 > Create Instance > Kemudian isi dengan.
Object = obj_titan
X = view_xview+ random(view_wview)
Y = 180
Pada tab kanan pilih Control > End Block.
E. Room
Sekarang buat sebuah room baru dengan cara klik Resources > Create Room > Berinama rm_main.Atur Widht = 2000 dan Height = 320, kemudian juga atur SnapX = 16 dan SnapY = 16.
Klik Backgrounds > pilih background gambar anda ( berada di bawah Foreground Image ) > Pilih wall_rose
Centang Pada baigan Draw Background Color, Visible when room starts dan Tile hor.
Kemudian Pada bagian Color Kemudian Pilihlan warna sesuka anda.
Sekarang atur obj_player dan obj_controller anda seperti pada gambar room sebelumnya.
Sekarang coba anda jalankan game anda dengan cara klik Run > Run Normaly atau tekan F5.
*Notes game di buat dan di tester dengan menggunakan Game Maker Studio dan Game Maker 8.0 Full Version
Game Shingeki No Kyojin Dengan Game Maker sekarang sudah selesai, baca juga tutorial game maker lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar